Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kaligrafi Alfatihah Pohon Beringin

Kaligrafi ini adalah kaligrafi tulisan tangan dari sang kyai di Jawa Tengah. Khat yang khas Jawa ini memberikan tulisan surat alFatihah dengan tinta warna hitam dengan dasar putih atau kertas.

Desain yang terbentuk adalah pohon beringin, dengan khat yang unik. yiatu khat jawa. Khat Ini bagus untuk kalangan jawa. dan pecinta seni kaligrafi. Pada bagian khat terdapat nama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Pada di bagian sudut terdapat nama sahabat nabi yang empat, yaitu Sahabat Abu Bakar, Sahabat Umar, Sahabat Usman dan Sahabat Ali. masing masing didesain dengan khat yang didalam lingkaran.

Khat yang tertulis dihiasai uliran khas jawa sehingga membentuk Pohon Beringin yang rapi. Jika dirunut dengan filosofi maka ketemulah dengan salah satu lambang Pancasila, yaitu Pohon Beringin yang memberikan makna persatuan Indonesia.

Baca Produk: Kaligrafi Bordir Surat Al Fatihah Lingkar

Kaligrafer dari kaligrafi Pohon Beringin ini adalah KH. Abdul Karim Husain, yaitu tokoh Nahdlatul Ulama di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. KH Abdul Karim Husain adalah santri di Pondok Pesantren Al-Munawwir yang diasuh oleh KH. Ali Maksum Krapyak. Kaligrafer juga lulusan dari Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Ulama satu ini tergolong nyentrik.

Kaligrafi Pohon Beringin memberikan makna yang sangat dalam untuk era saat ini, bahwa kondisi indonesia ini diharapkan mengingat pancasila, sila ke 3. Yaitu Persatuan Indonesia.
Butir Pancasila yang ke tiga ini adalah mengingatkan kepada kita untuk terus Menempatkan kesatuan, dan persatuan, serta kepentingan, dan keselamatan bangsa dan juga negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. inilah yang perlu diutamakan.

Kedua adalah untuk rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
Ketiga adalah untuk selalu Cinta Tanah Air dan Bangsa.
Keempat adalah mempunyai rasa Bangga bahwa Kita bagian dari Bangsa Indonesia dan bertanah Air Indonesia.
Kelima adalah mau memajukan pergaulan untuk persatuan dan juga kesatuan bangsa yang berBhinneka Tunggal Ika.

Inilah makna yang tersirat dari Kaligrafi Pohon beringin.

Post a Comment for "Kaligrafi Alfatihah Pohon Beringin "