Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembuatan Pintu Kabah Bordir Kaligrafi Emas

Ada bagian bagian kabah yang satu sisi lainnya berbeda beda. dimana letak hajar aswad dan pintu ada namanya multazam. Banyak orang berkata, kalo kita bisa mencapai multazam maka doa kita mustajab. dan sebagian orang lainnya meyakini kalo berdoa didepan kabah, baik sisi manapun itu pasti mustajab. Disinilah tempat paling mustajab kita berdoa kepada Allah Ta'ala.
Kaligrafi Pintu Ka'bah
Oleh Karena itu, sebaiknya setiap muslim mengetahui nama nama dari bagian kabah keseluruhan. dan bagaimana sejarahnya. Karena Kabah adalah tempat dimana awalnya manusia membangun tempat peribadatan. Dan juga kabah inilah pertama kali dibangun masjid di dunia, yaitu masjid Al haram.

Karena Kabah adalah tempat peribadatan yang pertama kali di dunia, maka yang membangun pertama kali adalah manusia pertama kali di dunia, yaitu Nabi Adam 'Alaihissalaam. Yaitu dibangun dengan batu.

Kabah ini pernah hancur ketika banjir di zaman nabi Nuh 'Alaihissalaam. Dan kemudian dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim 'Alaihissalaam bersama Nabi Ismail 'Alaihissalaam, putranya. Sejak pertama Kali dibangun Oleh Nabi Adam sampai dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim, bentuk dan ukuran kabah tidak berubah. Hanya saja ada perbaikan perbaikan dan renovasi.

Kabah mempunyai bagian bagian, yaitu Hajar Aswad (Batu Hitam), Pintu Kabah, Talang/mihzab (saluran Air), Pondasi (syadzarwan), lengkungan (hijir Ismail), Petilasan Nabi Ibrahim, Multazam, Pojok Rukun Yamani, Pojok Rukun Hajar Aswad, Pojok Rukun Syami, Pojok Rukun Irawi, Kiswa (kelambu Kabah), Atap Kabah.

Nah kali ini, sy dan tim Kaligrafi bordir, akan membuat Kaligrafi Pintu Kabah dengan ukuran 420 cm tingginya dan lebar 280 cm. Semuanya dari Bahan Kain Bludru dasar Hitam. Pintu Kabah ini juga dinamai dengan Al Burk, Yaitu sebuah pintu yang terbuat dari Emas murni seberat 280 Kg.

dengan ukuran 420x280 cm ini, kami membuat kaligrafinya dengan membuat sketsa terlebih dahulu. agar sama persis kelambu pintu kabah. kaligrafinya dan ornamennya. kemudian setelah jadi sketsa gambar kaligrafi pintu kabahnya, maka kami siap membordir di kain bludru berwarna hitam sesuai dengan kiswah kabah (kelambu).

Dalam membordir juga diperlukan tenaga khusus yang bisa kaligrafi dan juga membordir. Sehingga tidak salah dalam proses pembordiran. Benang yang digunakan bordir juga dari benang emas (serupa Emas, dan kalo emas asli sepertinya sangat mahal sekali).

Proses pembuatan Kaligrafi Pintu Kabah ini juga membutuhkan waktu yang internsif agar hasilnya maksimal.

Setelah jadi Kaligrafi Bordir Pintu Kabah ini, ditempatkan di depan Pengimaman Masjid. Sehingga seolah-olah semua yg berjamaah sholat di masjid tersebut dapat melihat kabah dengan jelas dari pintu kabah. ini luar biasa. tapi perlu diingat, bahwa kabah itu kiblat sholat.
Jika ingin tahu berapa harganya, maka kita lihat slimut Kabah, yaitu kiswah, harganya sampai 20juta real (kurang lebih Rp.50 miliar). Informasi ini diberitakan oleh Dubes RI Arab Saudi, yaitu Bapak Salim Segaf Al-Jufri. (sumber: kemenag .go .id)

Ukuran Kiswah mempunyai ukuran panjang sekitar 14 meter dan lebar sekitar 47 meter, dan berat kiswah kuranglebih 650 kilogram. Kiswah Kabah ada 5 bagian, bagian 1-4 yaitu kain kiswah yang menutupi ke-4 sisi Kabah dan 1 bagian kiswah yaitu untuk pintu Kabah.

Pada masa Nabi Muhammad Shallalloohu 'Alaihi Wasallam, Nabi pernah memberi hadiah kiswah Alwashoil. Jadi Nabi Muhammad ﷺ adalah pertama-kali memakaikan kiswah Kabah. Kemudian ditiru dan diteruskan para Khulafa-Urrasyidin dan sampai hari ini.

Post a Comment for "Pembuatan Pintu Kabah Bordir Kaligrafi Emas"