Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Kiswah Kabah

Sepanjang sejarah Islam, telah dianggap sebagai kehormatan besar untuk dapat melakukan pelayanan kepada Ka'bah, di Masjidil Haram di Makkah. Salah satu layanan ini, yang dilakukan oleh kedua raja dan rakyat jelata, adalah untuk dapat berkontribusi terhadap penutup Ka'bah dengan Kiswa - tirainya. Membantu melakukan hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara: dari mendanai pembuatan Kiswa untuk menjahitnya.
Kain itu tingginya empat belas meter. Di sepertiga bagian atas kain itu, ada sabuk Kiswa yang lebarnya sembilan puluh lima sentimeter dan panjangnya-lima meter. Terdiri dari enam belas keping dan mengelilingi Kiswa dari semua sisi. Sabuknya disulam dengan desain menonjol yang dilapisi benang perak yang dilapisi emas. Beberapa ayat Alquran ditulis di atasnya dengan gaya kaligrafi bahasa al-Teuluth.

Di bawah ikat pinggang, di setiap sudut Ka'bah, Surah Ikhlas (Kemurnian Iman) tertulis di dalam lingkaran yang dikelilingi oleh bentuk persegi hiasan Islami. Pada ketinggian yang sama, juga di bawah ikat pinggang, ada enam ayat Alquran. Masing-masing ayat ini ditulis dalam bingkai terpisah. Di area yang memisahkan bingkai ini ada bentuk lampu yang salah satu dari Frase berikut ditulis:  "Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang", atau "Segala puji bagi Allah". Semua yang tertulis di bawah ikat pinggang ada dalam gaya tulisan tangan Kaligrafi Sulus atau Ath-Thuluth, disulam dengan desain menonjol dan terjalin dengan benang perak yang dilapisi emas.

Desain ini diperkenalkan pada masa pemerintahan Saudi. Setiap sisi yang berbeda dari Ka'bah memiliki beberapa ayat Quran yang tertulis di dalamnya. Keempat sisinya adalah: sisi Al-Multazam, sisi Al Hijr Ismail, sisi menghadap Pintu Abraham, dan sisi antara Dua Sudut.

Untuk Pembuatan kiswah Replika bisa hubungi kami di 085226419624

Post a Comment for "Keutamaan Kiswah Kabah"